Selasa, 24 April 2012

Network Path Was Not found XP

Teman-teman tentu sudah tahu manfaat dari sharing data melalui jaringan lokal atau jaringan LAN, ya tentu saja salah satunya adalah berbagi file sharing, yakni saling berbagi pakai file ataupun program antar komputer dalam satu jaringan komputer lokal.
Namun dalam sistem komputer tidak selalu bisa kita prediksi, tentu saja ada beberapa kendala yang timbul karena seringnya dipakai, atau karena Human Error si user sendiri, hehe...

Nah disini saya akan mencoba membagi pengalaman kepada teman-teman semua, tentang masalah yang sering terjadi pada jaringan lokal atau jaringan LAN, salah satunya adalah error " The Network Path Was Not Found "  yang dimana kalo diartikan artinya adalah "Jalan Jaringan tidak ditemukan", atau kalo saya bilang sih, komputer yang kita tuju tidak bisa kita temukan. Namun masalahnya komputer lain bisa mengakses komputer kita, nah disitu permasalahannya, seolah2 jaringan tidak mengalami masalah namun komputer kita yang mengalami masalah sebenarnya.

Oke langsung saja, biasanya kalo hal demikian ketika kita membuka Windows Explorer kemudian My Network Places, disini ketika kita akses pada Entire Network-nya tidak akan tampil apa-apa, hanya tampil layar kosong saja disebelah kanan.
Gambar diatas seharusnya pada layar sebelah kanan menampilkan network yang ada pada jaringan kita. Tetapi disitu kosong, kemudian ketika kita klik salah satu folder sharing yang ada pada layar sebelah kiri maka muncul pesan error " The Network Path Was Not Found " seperti dibawah ini.
Pesan tersebut tampil karena jaringan pada komputer kita tidak dapat mengakses komputer-komputer lain, namun secara koneksi jaringan komputer kita ini terkoneksi dengan jaringan. Hal ini terjadi karena ada salah satu service yang hilang yakni Client For Microsoft Networks dan Network Monitor Driver, kita cek pada properties yang ada di Local Area Connection.
 Harusnya pada gambar diatas tampil juga service-service yang tadi saya sebutkan Client For Microsoft Networks dan Network Monitor Driver. Sedangkan disitu tidak tampil, itu karena service tersebut hilang, kemungkinan terkena virus. Maka yang harus kita lakukan adalah meng-install kembali service-service tersebut.

Langkah untuk install Client For Microsoft Networks adalah sebagai berikut :
  1. Pada kotak dialog Local Area Connection tersebut klik tombol Install.
  2. Kemudian pilih Client
  3. Kemudian pilih Add, kemudian muncul kotak dialog Client For Microsoft Networks seperti pada gambar berikut
  4.  
  5. Klik OK, tunggu proses installasinya sampai selesai.
Selanjutnya untuk installasi  Network Monitor Driver adalah sebagai berikut :
  1. Masih di kotak dialog Local Area Connection, kembali kita klik Install
  2. Kemudian pilih Protocol
  3. Selanjutnya pilih pada Network Monitor Driver, dan klik OK, seperti pada gambar berikut
  4. Setelah klik OK tunggu proses sampai selesai.
  5. Maka hasilnya adalah seperti berikut
 Maka akan tampil service-service yang tadinya hilang, kembali tampil pada Local Area Network Connection. 
  • Buka kembali My Network Places
  • Klik Entire Network, dan cimiw......keluar deh tuh Microsoft Windows Network
  • Lihat Workgroup yang ada
  • Buka file sharing dari komputer lain
  • dan Berhasil, komputer kita sudah normal kembali.
Semoga bermanfaat, jangan lupa komen ya, hikhik...

12 komentar:

  1. permasalahan di jaringan kantor saya adalah workgroup dan client komputer kadang-kadang ada kadang-kadang tidak, sehingga share printer tidak bisa dilakukan, LAN-nya pake wireless dengan acses point d-link, sudah saya otak-atik tetap tidak ketemu problemnya, mohon pencerahannya, (sumiadi710@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  2. sudah dicoba pake kabel blm pak?
    kalo pake kabel tetep tidak bisa, kemungkinan bisa pada sistemnya, barangkali ada virus disistem tersebut yang mengganggu kelancaran jaringan pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pake kabel bisa, cuman kalo pake wirelles LAN suka timbul-tenggelam, sebelum ganti akses point tidak ada kendala, tapi setelah ganti d-link DAP1360 permasalahan tersebut baru muncul

      Hapus
  3. ditunggu postingan bermanfaat berikutnya.. :D

    BalasHapus
  4. masalah jaringan g mudeng saya gan, ehehhehe

    BalasHapus
  5. saya sudah coba tapi pada step 1, setelah add client tidak muncul seperti yang tertulis diatas tapi muncul tulisan: "could not add requested feature. The error is: acces is denied"
    mohon pencerahannya.
    Thanks.

    BalasHapus
  6. trims solusinya amat berguna bagi saya..

    BalasHapus
  7. Are you having trouble in cancelling the transaction in Binance exchange? If you don’t know how to handle all these troubles and looking for guidance directly from the professionals, feel free to call on Binance customer service number which is functional all the time and the team is ready to assist you at every step. You can connect with the team anytime for quality results that could be helpful in eradicating all troubles Binance Customer Service Number from the roots in the fraction of time. You can always call on their number and avail positive results that could be helpful in fixing Troubles.

    BalasHapus
  8. Blockchain verification process is quite lengthy and at the same time, it consumes a lot of time.
    With verification, users can extend their withdrawal limit to 100 BTC a day. Though during this process you have to use your residential address, photos and other confidential information. If you are facing any kind of verification problems, Blockchain Customer Service Number you can always take help from the team of skilled professionals who are there to guide you. You can call on Blockchain contact number which is functional always for guidance.

    BalasHapus
  9. Are you unable to resolve errors such as 18887106909 login issues and sign up issues which are the common errors yet can create big trouble to you? The login process of Cash App is easy to execute but because of using the wrong credentials or Cash App Customer Service Number technical error, users get into such issues and create troubles. If you don’t know how to handle such errors on your own and looking for guidance, you can always call on Cash App customer care number which is always functional and the team is ready to assist you that help in saving time and receiving the best solutions at your home.

    BalasHapus

 

Copyright © 2011. Design and Modified by: sabana | mari membaca